Selamat Datang Di Website Pariwisata Rejang lebong dan Adat istiadat,Bahasa,dan RejangLebong tempo dulu

Kamis, 19 Desember 2013

TENTANG MAKANAN LEMA

  TENTANG MAKANAN LEMA

Kalau membaca judulnya mungkin rada bingung apa Lema itu??
Nah disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai lema itu dan berbagi informasi.

Lema adalah makanan khas dari suku Rejang ( Provinsi Bengkulu ). Lema bisa dikatakan makanan wajib untuk suku Rejang. Rasanya yang asam pedas setelah dijadikan lauk mempunyai sensasi tersendiri bagi yang mengkonsumsi, serta aromanya yang khas, emmm membuat yang sangat menyukai makanan ini (termasuk saya sendiri, sebagai Anak asli Rejang)tidak akan tahan lama-lama hanya mencium aroma lema yang sedang dimasak, untuk segera menyantapnya, yummy.

Lema ini terbuat dari bahan-bahan makanan yang sederhana. Lema merupakan makanan hasil fermentasi(pengasaman) bener gak yaa istilahnya,heee. Bahan-bahan membuat lema adalah:
rebung
1. Rebung (anak bambu)
2. Ikan ( biasanya ikan mujair yang kecil, ikan laut jg bisa, tergantung      selera).
3. Sedikit nasi (dengan diberi sedikit nasi, diyakini bisa membuat lemanya lebih kental)

Cara membuat Lema pun sangatlah mudah. Rebung dicincang hingga bentuknya kecil2, tetapi jangan sampai hancur seperti bubur karena tekstur yang dibutuhkan adalah cincang kasar. Setelah Rebung tersebut dicincang tinggal dicampuri dengan ikan (ikan yang masih segar alias mentah) oleh karena itu ikan yang dibutuhkan berbentuk kecil supaya hancurnya tidak lama, dan jua dicampuri dengan nasi. Jika bahan-bahan tersebut telah tercampur semua, Didiamkan hingga kurang lebih 1minggu. Agar menjadi asam dan ikannya hancur(busuk), bentuknya seperti gambar dibawah:
lema

Ya bagi yang tidak mengenal makanan ini khususnya orang bukan Rejang,  pasti akan sedikit merasa jijik karena yang dipakai adalah ikan mentah(ikan yang sudah busuk). Serta aromanya yang kurang sedap Tapi setelah dimasak emmm, rasanya sangat khas apalagi jika ditambah dengan cabai yang banyak, emm asem pedas yang yummy. Makanan yang sangat layak untuk dicoba. Ohya Lema ini tidak dimakan seperti gambar diatas tetapi diolah kembali(dimasak) jadi meskipun pembuatannya yang sedikit ekstrem dengan ikan mentah setelah diolah akan menjadi makanan yang enyak enyak enyak. Cara memasaknya pun gampang, bisa hanya dengan menggiling cabe. Lalu cabe yang sudah digiling itu ditumis, setelah harum dimasukkan lema dan air(agar lemanya matang) ditunggu sampai airnya kering(lemanya matang), lema enak hanya dengan ditumis begitu. Bisa juga ditambah pelengkap dengan dicampuri dengan Ikan atau keladi. Selain ditumis juga bisa dimasak dengan santan.  Nie salah satu contoh lema yang dimasak dengan sambal+ikan
bagaiman lumayan mengunggah selera kan. Makanan yang akan memberikan sensani rasa makanan yang unik, karena kalau pendapat saya pribadi rasanya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata(lebay dikit), karena rasanya memang unik, asem, pedas, gurih, nano-nano dech.

Pada waktu lagi nyari2 foto lema, eh nemu di http://id.wikipedia.org/wiki/Lema_(makanan) kalau ternyata Lema ini telah melalang buana ke luar negeri lo yaitu ke Jepang, hohoho tidak menyangka saya, sebagai anak asli rejang saya bangga ternyata makanan khas ini sikenal juga ampe luar. Kalau lema asli Rejang disimpannya biasa dibaskom aja, kalau mau dijual and menambah cita rasa biasanya disimpan dan dibungkus didaun pisang, naahh kalau di Jepang kayak kornet, dikalengkan,oooo ternyata lema bisa dikalengkan juga toch.Lema ini ternyata dijadikan makanan pengganti untuk kebiasaan orang Jepang yang suka mengkonsumsi ikan mentah yang ternyata merupakan kebiasaan yang buruk karena berefek kepada menyebabkan penyakit Minamata. Nah hayo saudara-saudara, Ibu Bapak, Adek Kakak dan handi toyan masa kalah sama Jepang, Jepang aja udah icip-icip makanan ini masa sebagai bangsa Indonesia belum,hehehe. Lema itu enaaaaakk loo,heee.

Nah itulah sedikit mengenai lema yang saya ketahui, semoga dapat menambah pengetahuan khususnya tentang makanan khas yang ad di Negara yang kita cintai ini Indonesia. Kalau bukan kita yang saling berbagi informasi ini sapa lagi, betul betul betul.....
Selamat mencoba Lema yaaa.................@_@.............................

2 komentar:

Warnanusantara mengatakan...

Dear Bro...

ijin publish tulisan tentang Lema ini di website warnanusantara.com,

Sumber penulisan akan dicantumkan pada bagian akhir tulisan.

Thanks

Anda Ingin Tahu mengatakan...

Ulasan nya menarik juga...ini ada juga Ulasan

cara membuat lemah dan khasia Rebung luar biasa

bisa di lihat di sini Lemea Gurih yaa